SEO, SEM, SMM, dan SMO



Sebenernya saya gak tau apa apa tentang SEO, dan teman temannya. Ini hanyalah tugas belaka. Karna memang ini berhubung dengan promote situs. Berhubung saya gak punya website, dan cuma punya blog yang dipake ga jelas sebelum kuliah. Jadinya gapernah dengar istilah ini. Ternyata isltilah diatas adalah hal hal yang perlu kamu lakukan dan ketahui untuk promoting sebuah situs. Gimana caranya? Check it out!


Apa sih itu SEO?


Google mendefinisikan (Search Engine Optimization) SEO sebagai berikut:

“Meningkatkan pengunjung sebuah website dari mesin pencari” – Online marketing vocabulary, Learn with Google.

Dari definisiya sederhana sekali. Bahwa sebenarnya SEO adalah cara untuk menampilkan website kalian di atas hasil pencarian. Dalam kata lain, metode optimisasi yang mana membantu meningkatkan kemampuan website kamu untuk menjadi yang pertama atau setidaknya ke dua dalam hasil pencarian.
Hal ini berguna bagi yang membat website untuk bisnis. Karena dengan adanya website diurutan pertama hasil mesin pencarian. Maka akan banyak juga pengunjung situ yang membuat pagerank meningkat. Hal ini bisa berfampak pada meningkatnyapenjualan dan pemasukan dari iklan.

Ada 4 faktor yang harus diperhatikan.

1. Tecnical Structure
Website kamu itu harus dalam kode standar W3C dan dari POV SEO, itu harus H1 dan H2 tags, semua tag dalam gambar, fokus ke kata kunci dan deskripsi. Karna semua tag akan mengarahkan ke website kamu dalam kata kata di mesin pencarian.
2, Kualitas Konten
Kamu pasti pernah dengar bahwa "Konten adalah Raja". Ini benar, Tapi sebenarnya yang raja adalah user. Sebelum google mengenalkan Algoritma Pandanya, orang orang dapat mengisi kontennya dengan kata kata kunci. kata kunci ini membantu orang orang menemukan konten kamu. Nah tugas dari algoritma panda adalah menyeleksi yang mana spam dan bukan.
Jadi ketika kamu menulis artikel, selalu pikirkan pembaca terlebih dahulu. Apa yang pembaca mau. Harus lebih dari 300 kata, lebih baik ika lebih dari 500 kata.
3. Quality Back Link
Apa sih itu Back Link? Back Link adalah website lain yang menghubungkan balik artikel kamu atau ke website kamu. Pada jaman bar terkenalnya SEO, Website yang terhubung bakalan ada diatas search engine. Masalahnya adalah di metode ini hanya untuk orang orang yang punya uang. Dulu sebelum ada algoritma panda. Backlin ini banyak spam. jadi masih bisa terdeteksi dan ada di ranking atas. Tapi sekarang sudah banyak yang terkena google. Nah pertanyaannya adalah, bagaimana cara mebuat link yang berkualitas sekarang ini?
Carilah website yang berkalitas yang mempunyai rank tinggi di pencarian google. Lalu temui website ini untuk memasukan artikel kamu. Semua yang kamu hampiri websitenya hars punya kenten yang mirip sama apa yang kalian tulis. Kamu bisa juga lihat di forum dan blog dimana kamu bisa post artikel kamu. 
4. Social Media Integration
Pada saat buat artikel, sering sering share ke social media. atau buat share button di kolom post. Hal ini bisa membantu viewer kamu naik. Terutama jika artikel kamu menarik.

Apa sih SEM?

Kadang kadang kalian mendengar istilah SEO dan SEM secara bergantian dan meskipun kedua istilah ini mungkin pernah memiliki makna yang sangat dekat. Tapi sekarang mereka berdua berbeda satu sama lain. Kalo kata Google SEM itu (Search Engine Marketing)

Penggunaan iklan online pada halaman hasil mesin pencari untuk membantu pengunjung menemukan website Anda. SEM sering menggunakan sistem pay-per-click (PPC), dimana si pengiklan hanya akan dikenakan biaya ketika seseorang mengklik iklan mereka (juga disebut sebagai cost-per-click, atau CPC).” – Online marketing vocabulary, Learn with Google.

SEM itu kaya iklan berbaya gitu di iklan bing, yahoo, dsb. Kita bayar ke mereka untuk waktu yang ditentukan, setelah itu kita mendapatkan hasil dari pemasangan iklan yang kita pasang ke mereka. Ini merupakan cara tercepat untuk website anda muncul di mesin pencari. 

Apa itu SMM?

Ini adalah perpaduan Social Media dengan Marketing. Ini melibatkan iklan berbayar melalui jaringan media sosial. Contohnya adalah iklan iklan yang ada di twitter, facebook, instagram, dll. Ini adalah proses menggunakan iklan berbayar untuk memperluas jangkauan pelanggan anda dan meningkatkan eksposur merk anda.


Apa itu SMO?

Social Media Optimization. 

“Sosial Media Optimization meningkatkan visibilitas profil social media Anda, aktivitas jejaring sosial Anda dan konten Anda yang dipublikasikan sehingga mudah ditemukan oleh orang yang mencari informasi yang berhubungan dengan konten Anda. Sosial Media Optimization membantu mengarahkan lalu lintas ke situs Web atau blog, membuat lebih mudah bagi orang lain untuk berbagi dengan lingkaran teman mereka, membangun komunitas di sekitar brand Anda dan membantu mesin pencari mengindeks profil social media Anda, aktifitas sosial dan posting blog menjadi lebih mudah” – anonim.

Intinya adalah anda harus membangun profil di sosial media yang dikenal banyak orang. Maka dari itu website anda juga iktu dikenal banyak orang. Contohnya seperti selbgram dan lain lain yang terkenal di dunia maya atau sosial media. Ketika kemereka menyisipkn alamat website mereka, entah untuk bisnis atau iseng. Pasti banyak yang penasaran ingin buka juga linknya. Dan banyak yang berbagi konten.

Jadi kesimpulannya SEO dan SMO adalah solusi jangka panjang, jika dilakukan dengan benar, dapat terus membawa hasil yang diinginkan untuk bisnis kalian. Tapi jika kalian mempunyai dana lebih kalian bisa menggunakan SEM dan SMM. Hasilnnya akan begitu cepat.





Comments