Manajemen Layanan Sistem Informasi

Halo readers... mahasiswa maupun pengajar. Sesuai judulnya, post-an kali ini untuk memenuhi tugas sofskill Manajemen Layanan Sistem Informasi di semester 4 ini. Yap semester 4... cepat kan? haha *shiver*. Oke, kembali ke pembahasan. Artikel ini mencakup pengertian, manfaat, dan perannya bagi lingkungan. Semoga bermanfaat.

ZINFI.com
Pengertian
Sebelum kita membahas lebih jauh tentang manajemen layanan sistem informasi. Kita bahas dulu pengertiannya. Mungkin kalau sistem informasi udah pada tau kan yaa.. di hampir setiap blog saya suka ada definisi sistem informasi. Nah, sekarang ditambah dengan manajemen layanan.

Manajemen layanan sistem informasi merujuk pada semua aspek manajerial dari bisnis teknologi informasi. Termasuk model/bentuk untuk perencanaan, pendukung, pengiriman, pengamanan dan infrastruktur teknologi informasi, dan berbagai jenis lainnya untuk pelayanan kustomer yang lebih baik lagi.

Kepuasan pelanggan dan tercapainya tujuan merupakan goals dari manajemen layanan sistem informasi. Semua aspek MLSI merupakan berbasiskan proses dan keterikatan dengan berbagai peningkatan metodologi dan perangkat kerja. 

Jadi kesimpulannya adalah manajemen layanan sistem informasi bukan merupakan sesuatu cara yang berhuungan dengan pasar untuk menjual produk, tetapi lebih kearah internal perusahaan yaitu menjaga kestabilan dan mengelola agar pelayanannya bisa memuaskan pelanggan. Ternyata MISM ini bukan hanya bergerak di bidang teknologi informasi saja loh... MISM bisa diterapkan diperusahaan lain.

Manfaat
MLSI ada salah satu nya karna memberikan banyak manfaat dan dukungan terhadap banyak organisasi/perusahaan yang menggunakan metode ini. Di-bawah ini akan dijabarkan mengenai manfaat dari manajemen layanan sistem informasi ;

MLSI meningkatkan kualitas dalam pengambil keputusan

  1. Membantu manejemen tingkat atas untuk menemukan solusi/kesempatan atau mengambil keputusan dengan menyediakan informasi yang relevan.
  2. Keputusan akan turun dari MLSI jika 
    • Kalo MLSI bantu kalian menganalisa situasi dengan memberikan informasi yang relevan dan sisanya terserah kalian untuk mengambil keputusan
    • Ketika MLSI sebenernhya udah buat urutan rekomendasi buat kalian atau merujuk pilihan apa yang bagus untuk diambil.
MLSI membantu meningkatkan komunikasi dan mmbangun kerjasama antar teman kerja.


  1. MLSI membantu kalian untuk memanajemen informasi dan komunikasi antara team yang berbeda
  2. Manajemen kolaboratif sistem informasi merupakan sistem yang spesifik untuk meningkatkan kerja sama team
MLSI dapat memfasilitasi perubahan organisasi


  1. MLSI membantu organisasi/perusahaan untuk tetap kompetetif dan merubah ke dalam jalan bisnis yang benar


Peranan 
Banyak peranan dari manajemen layanan sistem informasi. Tapi gak akan saya sebutkan satu satu. Saya jelaskan saja yaa..

Dilihat dari pegertian manajemen layanan sistem informasi, bahwa tugasnya adalah membangun suatu struktur pelayanan sistem informasi, mengelola pelayananan, dan menjaga pelayanan bisnis. Agar informasi yang di sampaikan oleh pengguna/kustomer memuaskan. Banyak juga berdampak pada perusahaan yang menggunakan sistem ini karna dapat mempercepat dan membangun kerjasama team. Hal ini dapat meningkatkan profit perusahaan dan tentunya membangun kota, bahkan negara. Berarti dapat disimpulkan bahwa manajemen layanan sistem informasi sangatlah penting dan bagian yang sangat penting dalam perusahaan/organisasi agar suatu hal yang ingin dikerjakan mengeluarkan output yang lebih baik dan bagus lagi. Sehingga konsumen meningkat dan laba juga meningkat.

Mungkin sekian dari artikel saya. Maaf kalo ada kemiripan kata dari blog lain. Tapi yang jelas saya gak copy paste. cuma dijadikan referensi ajaa.. hehe suer dah.

Referensi:


Comments

  1. In search of DevOps Certification I found your article and that was the great article. I learned alot from it. keep it up.

    ReplyDelete
  2. good article about Information System Service Management

    Affordable Lead Generation Services

    ReplyDelete
  3. clearly explained about Information System Service Management and MLSI

    CAD Design and Drafting Services

    ReplyDelete

Post a Comment