Kepribadian Budaya Timur

Manusia telah menempati bumi jutaan tahun lamanya. Manusia menyebar dan saling berkelompok untuk mencari sumber makanan dan berkembang dengan berkebun dan lain lain. Dampak penyebaran penduduk yang menempati berbagai macam lanskap, daerah, dan kondisi alam yang berbeda. Terlihat sekali perbedaan antara timur dan barat.
Seperti kita ketahui orang barat sangat maju. Ilmu pengetahuan dan ekonomi sangat maju. Hal itu mempengaruhi kebudayaan mereka sendiri. ilmu dan etikanya berbeda dengan budaya timur. Mereka (orang barat) lebih suka tepat waktu, disiplin, tetapi mereka terkenal kurang ramah terhadap pendatang/orang asing. Tetapi yang akan dibahas dalam artikel ini adalah Kepribadian Budaya Timur.
https://abelpetrus.wordpress.com/geography/indonesia-dalam-keragaman-sosial-dan-budaya/

Sebelum membahas itu, mari kita ketahui definisi dari budaya itu sendiri. Budaya adalah suatu cara hidup yang berkembang, dan dimiliki bersama oleh sebuah kelompok orang, dan diwariskan dari generasi ke generasi. Budaya terbentuk dari banyak unsur yang rumit, termasuk sistem agama dan politik, adat istiadat, bahasa, perkakas, pakaian, bangunan, dan karya seni. Itu berarti budaya sangat mempengaruhi kepribadian orang timur.

Indonesia adalah negara dimana kebudayaan maupun geografisnya termasuk di sisi timur. Kita bisa lihat dari peristiwa sehari hari bagaimana orang timur itu dibanding orang barat. Berikut adalah poin - poinnya.

Source Giphy

a.Berkelompok
Bangsa timur khususnya Indonesia itu sangat suka berkelompok. Dari zaman batu sampai sekarang pun tidak pernah hilang kebiasaan itu. Semuanya tergantung kepada kelompok, dan suka akan keseragaman Contohnya di Indonesia, pasti setiap suatu instansi terdiri dari beberapa kelompok seperti himpunan, paguyuban, dan lain lain.

http://cdn.klimg.com/merdeka.com/i/w/user/2014/11/12/6291/1/540x270/peringatan-hari-toleransi-internasional-20141.png?20141112060624

b. Toleransi yang kuat
Timur memiliki banyak suku, budaya, dan agama. Tetapi mereka memiliki toleransi yang sangat kuat Contoh negara Indonesia kita. Punya berbagai suku, budaya dan agama. Tetapi tetap satu jua.


c. Religius dan memegang erat tradisi
Sebgaian agama lahir di bumi bagian timur. Buddha, hindu di india, konghuchu di China, islam dan yahudi di Tanah Arab. Membuktikan bahwa bangsa bangsa timur sangat mempercayai tuhan dengan menganutnya. Selain itu juga mereka memegang erat tradisi tradisi leluhur yang menyebabkan budaya mereka kuat.


d. Kekeluargaan yang kuat
Anak, menurut budaya timur adalah harta. Ketika kita mengasuh anak ketika masih kecil. Ketika dewasa, anak lah yang mengasuh kita. Begitulah mindset mereka. Tapi hal ini menimbulkan kekeluargaan yang kuat. Satu sama lain saling terhubung.


e. Kesopanan
Tidak dipungkiri lagi bahwa banyak negara negara timur yang memiliki titelsebagai negara dengan masyarakat teramah didunia.Hal ini banyak mengundang wisatawan untuk mengunjungi negara negara timur. dikarenakan juga orang timur suka berkelompok, maka mereka juga ramah dalam bersosialis.


f. Formality
Menghormati yang tua adalah hal yang wajib di timur. Lebih baik menggunakan panggilan khusus daipada memanggil nama. Memanggil nama pada yang bukan tingkatan sama adalah hal yang terlarang. 

Kebudayaan itu bisa berganti bila banyak pengaruh dari luar. Tugas kita adalah mempertahankan budaya budaya yang baik untuk negeri kita Indonesia. Agar menjadi negara yang independen dan kaya akan budaya.  
Referensi:
  • http://ism.intervarsity.org/resource/east-vs-west-cultural-comparison
  • http://www.1000ventures.com/business_guide/crosscuttings/cultures_east-west-phylosophy.html 
  • https://id.wikipedia.org/wiki/Budaya 

Comments