Perbandingan Perkembangan Inovasi: Perkembangan Portable Console Nintendo

Perkembangan dunia video games sangat berkembang pesat pada akhir 80an. Pesatnya perkembangan dunia video games, di iringi dengan banyaknya inovasi dari developer yang menciptakan konsep baru dalam bermain games. Salah satunya adalah dari Nintendo Portable Console. Ketika semua orang bermain tidak hanya di dalam rumah. Tetapi bisa bermain di taman, mobil, dll. Karna konsep dari Portable, berarti adalah bisa dibawa kemana mana. Seperti yan kita lihat portable console Nintendo sekarang ini sudah semakin praktis dan banyak inovasi inovasi baru seperti yang masih hangat adalah Nintendo Switch. Tapi sebelum itu, mari kita lihat sejarah dari perkembangan Nintendo portable console.


Portable console dari nintendo pertama bisa dibilang lahir ditahun 1980 oleh tangan Gunpeu Yoko designer Nintendo yang bernama Game & Watch. Portable ini masih sangat sederhana, tapi di zamannya dan termasuk yang paling laris. Sistem dari game ini hampir sama dengan kalkulator. hanya memainkan dari LCD nya. Portable ini juga masih pre installed games. Diluncurkan dalam 60 seri games.

Selanjutnya, di tahun 1989. lahir lah inovasi baru dari Nintendo yang bernama Gameboy. Masih dibuat oleh Gunpei Yoko. Termasuk kedalam fourth generation. Mempunyai fitur rechargeable battery. Memiliki tombol A, B, Start, Select, and D-Pad. Mempunyai 3.55 mm stereo headphone jack dibawahnya, Gamenya menggunakan cartridge. Menggunakan mesin Custom 8-bit Sharp LR35902 core at 4.19 MHz, dengan RAM 8 kb internal. dan layar monokrom. Hadir dengan ratusan game,

Generasi selanjutnya, lahirlah GameBoy Color. Dari namanya sudah jelas portable console ini memliki layar yang berwarna dalam bermain games. sebuah inovasi baru bagi portable console. performanya hampir sama kuat dengan console asilnya yaitu NES. tetapi kelebihannya adalah kalian bisa bermain dimana saja.

Setelah beberapa tahun, banyaknya perkembangan dari gameboy yang dirilis nintendo seperti gameboy advance, SP, dan gameboy pocket. Kurang lebih sama, hanya ditingkatkan di performa dan kecepatan. Terutama yang gameboy SP itu bisa dilipat.
Akhirnya pada tahun 2004, Nintendo mengeluarkan inovasi baru lagi melalui produk yang bernama Nintendo DS. Designnya mirip dengan Game & Watch. Tetapi memliki konsep dual screen. dengan layar bawah touchscreen, support WiFi, bisa bermain multiplayer tanpa sambungan kabel. dan sukses di zamannya. tersedia dalam 2 ukuran. Lite dan XL lite. Sudah 32-Bit dual screen, built in michrophone. teknologi yang tetap di pegan ds adalah gamenya yang masih menggunakan cartridge. lalu di lanjutkan dengan 3DS. konsepnya masih sama, hanya ditambah analog dan perkembangan mesin dari ds itu sendiri. layar atas lebih wide. ada fitur kamera dan face recognition. 

Last but not least!

Nintendo Switch! Kalian sudah lihat trailernya? nih liat dibawah..




Jadi Nintendo Switch itu katanya akan rilis pada Maret 2017. Konsep dari Nintendo Switch sungguh menarik. Dia itu bukan hanya sebagai portable console. tapi sebagai sebagai portable/handheld console. Jadi seperti PS4 tapi bisa dimainin dimana aja. Selain itu juga dari desainnya yang bisa di copot stiknya untuk bermain game Multiplayer. bahkan bisa dilanjutkan untuk bermain di TV rumah kalian. dinggal slide. intinya dia punya multiple controller option. 

Gamenya tetap menggunakan teknologi cartridge. Tapi gamenya tidak seperti portable console. dalam trailernya nintendo memperlihatkan bahwa graphic dari nintendo switch sama dengan console. Hype dari produk ini sangat tinggi saya liat. Tapi dari spec belum Nintendo rilis. Semoga tidak mengecewakan.

Nah itu saja perkembangan dari portable console Nintendo. kenapa saya memilih nintendo untuk membahas inovasinya. Karna menurut saya Nintendo lah yang paling berinovasi dalam dunia games. walau persaingan mereka di dunia video games sekarang ini kurang sukses. tapi mereka selalu mencoba menyajikan hal baru ke consumer. 

Sumber:
http://nintendo.wikia.com/wiki/List_of_Nintendo_handhelds
https://en.wikipedia.org/wiki/Game_%26_Watch
https://en.wikipedia.org/wiki/Game_Boy
https://en.wikipedia.org/wiki/Nintendo_DS
http://www.rollingstone.com/culture/news/5-things-you-need-to-know-about-nintendos-new-switch-console-w445780

Comments

  1. tulisannya bagus, cara menampilkannya keren ada gambar, video, gif juga.. ;)

    ReplyDelete

Post a Comment